Kesuksesan seorang guru
bukan dilihat dari besarnya gaji yang diterima dan besarnya tunjangan yang
diperoleh, namun berapa banyak siswa yang dapat berubah kearah yang lebih baik.
Menjalankan profesi guru dari hati merupakan sebuah motivasi terbesar untuk menjalankan
tugas sebagai seorang pendidik dengan tujuan menghantarkan peserta didik untuk
meraih kesuksesan. Untuk menjadi seorang guru yang sukses ada beberapa hal yang
mesti dilakukannya:
Pertama,
Hubungan yang harmonis antara guru dengan siswa; Guru adalah orang tua siswa
disekolah. Keharmonisan hubungan antara guru dengan siswa akan memotivasi siswa
untuk senang dengan gurunya. Kesenangan siswa terhadap seorang guru adalah
langkah awal kesuksesan seorang guru. Sebagai seorang guru mesti berupaya untuk
mengetahui keanekaragaman kecerdasan para siswa yang akhirnya berdampak pada
keanekaragaman gaya belajar mereka. Kondisi ini menuntut guru tidak berhenti
untuk belajar agar dapat melakukan inovasi dalam memenuhi gaya belajar siswa,
dengan demikian hubungan antara guru dengan siswa akan semakin erat, karna
siswa merasa kebutuhan cara belajar yang mereka kehendaki terpenuhi .
Kedua, Mengetahui
tentang siswa; Siswa bodoh, siswa nakal, siswa rajin dan siswa pandai ini
merupakan kalimat yang sering muncul apabila seorang guru ditanya apa yang
mereka ketahui tentang siswa-siswanya. Mengetahui tentang siswa tidak terbatas
pada mengetahui apa yang sering mereka lakukan di sekolah, karna guru tidak
banyak tahu bagaimana kehidupan siswa di luar sekolah. Maka luangkan lah waktu
untuk menyelami kehidupan siswa-siswa sehingga ini akan membantu guru bagaimana
cara mengarahkan mereka kearah yang lebih baik. Tidaklah ilmiah seorang guru
yang mengatakan siswa bodoh, siswa nakal bila tidak terlebih dahulu memahami
banyak hal tentang siswa-siswanya.
Ketiga, Memiliki
semangat pengabdian; Keikhlasan seorang guru untuk mengajar dan mendidik tanpa
membatasi waktu hanya jam disekolah yaitu seorang guru yang selalu siap sedia
kapan saja siswanya membutuhkan bimbingan dan arahannya. Keikhlasan seorang
guru sebagai seorang pendidik dengan memberikan yang terbaik pada anak didiknya
sebagai modal untuk meaih kesuksesan, maka kesuksesan menjadi seorang guru
telah berada dalam genggaman.
Keempat, Penguasaan
pengelolaan ruang kelas; Ruang kelas
adalah yang di dalamya akan dijumpai begitu banyak fonemena yang mengandung
berbagai pelajaran tentang hidup dan pembentukan karakter siswa. Keanekaragaman
tingkah laku siswa sesuatu yang sangat mengasikkan untuk diteliti dan dipahami.
Isnawati (2010) menyatakan Untuk menjadi seorang guru yang sukses mesti
mengetahui cara-cara yang tepat untuk mengelola ruang kelas dimana proses
pembelajaran berlangsung. Mengelola ruang kelas tidak hanya memberikan teguran
dan berbagai macam peringatan kepada siswa sewaktu siswa membuat keributan.
Namun bagaimana mengkondisikan sebuah ruang kelas yang penuh semangat, aktif
dan memiliki motivasi yang tinggi agar para siswa dapat mempelajari berbagai
macam karakter dari manusia-manusia yang ada di dalamnya.
Kelima, Belajar
adalah kebutuhan; Belajar seumur hidup mesti menjadi semboyan yang dimiliki
seluruh guru. Perubahan zaman yang juga berdampak pada perubahan cara siswa
dalam menerima pembelajaran menuntut guru untuk terus melakukan inovasi dalam
pembelajaran. tidak sedikit siswa yang bolos dari sekolah dengan alasan jenuh
dengan gaya belajar guru. Seorang guru yang baru berumur 50 tahun tidak membaca
buku dengan alasan tidak memiliki kemampuan lagi menerima apa yang dibaca
merupakan salah satu penyebab kegagalan pendidikan. Karena menganggap mengajar
hanyalah sebuah rutinitas yang mesti diselesaikan. Siswa-siswa berhak mendapatkan
lebih dari gurunya mereka berhak mendapatkan hal yang paling berarti dalam
hidup mereka melalui kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan bersama guru
disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar